Entri Populer

Jumat, 26 November 2010

Tujuan Pembangunan Masyarakat

Kesehatan adalah unsur vital dan meruoakan elemen konstituif dari kehidapan seseorang . kesehatan juga komponen pembangunan yang memiliki nilai “investatif” hal ini dikarenakan berbicara tenteng kesehatan maka akan membicarakan tentang ketersediaan Sumber Daya Manusia yang produktif tentunya . pembangunan kesehatan adalah bagian dari pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.
Harapan bangsa Indonesia tahun 2010
1.    Hidup dalam lingkungan yang sehat.
2.    Mempraktikan perilaku hidup bersih dan sehat.
3.    Mampu menyediakan dan memanfaatkan pelayanan kesehatan yang bermutu.
4.    Memiliki derajat kesehatan yang tinggi.

Upaya mencapai visi Indonesia Sehat 2010
1.    Pembangunan nasional berwawasan kesehatan
2.    Profesionalisme
3.    Jaminan pemeliharahan kesehatan masyarakat
4.    desentralisasi

Beberapa problem mendasar dalam pembangunan kesehatan diantaranya;
    Upaya Kesehatan
Upaya kesehatan di Indonesia belum terselenggara secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan. Kualitas pelayanan rumah sakit sebagai sarana pelayanan rujukan dirasakan sangat kurang. Tidak heran bila derajat kesehatan masyarakat di Indonesia belum memuaskan.

    Pembiayaan Kesehatan
Tidak meratanya anggaran kesehatan dari masing-masing daerah akibat desentralisasi. Dana  pemerintah lebih banyak dialokasikan pada upaya kuratif dan sementara itu besarnya dana yang dialokaisikan untuk upaya promotif dan prevetif sangat terbatas.

    Sumber Daya Manusia Kesehatan
Mutu SDM Kesehatan masih membutuhkan pembenahan. Hal ini tercermin dari rendahnya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan.

    Pemberdayaan Masyarakat
Pembangunan kesehatan di Indonesia dilaksanakan dengan pemberdayaan dengan masyrakat. Untuk itu berbagai bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat banyak didirikan, antara lain dalam bentuk Posyandu, Polindes, Pos Obat Desa, serta Pos Upaya Kesehatan Kerja.

    Manajeman Kesehatan
Manajeman kesehatan pun dianggap mengecewakan, inkonsistensi antara pengambilan dan implementasikebijakan pembangunan kesehatan menjadi salahsatu kendala mencapai tujuan pembangunan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar