Entri Populer

Selasa, 30 November 2010

aspek sosbud terhadap pembangunan kesehatan


aspek sosbud terhadap pembangunan kesehatan
                Perngertian  kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan,jiwa, dan sosial yang mungkin setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis . pemeliharaan kesehatan adalah upaya penanggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan , pengobatan, atau perawatan termasuk kehamilan dan persalinan.
 
                Data terakhir menunjukan bahwa saat ini lebih dari 80 persen rakyat indonesia tidak mampu mendapat jaminan kesehatan dari lembaga atau perusahaan di bidang pemeliharaan kesehatan seperti: askes,taspen,dan jamsostek. Golongan masyarakat yang dianggap teranaktirikan dalam hal jaminan kesehatan adalah mereka dari golongan masyarakat kecil dan pedagang. dalam hubungan kesehatan berhubungan dalam manajemen pelayanan kesehatan tidak saja terkait beberapa kelompok manusia, tetapi sifat yang khusus dari pelayanan kesehatan itu sendiri.
  • Konsep sehat dan sakit menurut budaya masyarakat
konsep sehat dan sakit sesungguhnya tidak terlalu mutlak dan universal karena ada faktor-faktor lain di luar kenyataan klinis uyang mempengaruhinya terutama faktpr sosial budaya.kedua pengertian saling mempengaruhi dan pengertian yang satu hanya dapat di pahami dalam konteks pengertian yang lain.
           
definisi sakit : seseorang di katakan akit apabila ia menderita penyakit nenahu(kronis)atau gangguan kesehatan lain yang menyebabkan aktivitas/kegiatan terganggu.walaupun seseorang sakit(istilah sehari-hari)seperti masuk angin,pilek,tetapi tidak terganggu untuk melaksanakan kegiatannya,maka ia dianggap tidak sakit.
 

  • Peran seorang bidan
Menjadi seorang bidan bukanlah hal yang mudah. seorang bidan harus siap fisik maupun mental, karena tugas seorang bidan sangatlah berat. Di Indonesia ini jumlah bidan memang sedikit , tetapi untuk pelosok daerah masih banyak masyarakat yang belum paham akan arti dari bidan . Bidang yang siap mengabdi di kawasan pedesaan artinya  ia juga harus siap dengan konsekuensi yang akan terjadi. Tidak mudah mengubah pola pikir ataupun kebiasaan masyarakat. Apalagi masalah proses persalinan.

  • Upaya Pemerintah Dalam Pembangunan Kesehatan
Untuk mencapai sasarabn millenium development goals(MDGs) yaitu angka kematian ibu(AKI) sebesar  102 per 100.000 kelahiran hidup (KH) dan angka kematian bayi (AKB)menjadi 23 per 1.000 KH pada tahun 2015,perlu upaya percepatan yang lebih besar dan kerja keras karena kondisi saat ini,AKI 307 per 100.00 KH dan AKB 34 per 1.000 KH. hal ini sambutan menkes yang di bacakan sekretaris jenderal kementrian kesehatan dr.ratna rosita hendardji,MPH dalam kampanye program  perencanaan persalinan pencegahan komplikasi(P4K) dan pengunaan buku KIA,bekerja sama dengan solidaritas istri kabinet bersatu(SIKIB),di jakarta (3/2/2010).


http://kandrawilko.blogspot.com/2009/01/persepsi-sosial-dan-budaya-kesehatan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar